Beberapa Manfaat Dari Tanaman Herbal

Sebagai kawasan yang mempunyai iklim tropis panas dan hujan, Indonesia memiliki aneka kekayaan, terutama dari berabagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai metode pengobatan herbal.

Yap ada banyak tanaman obat yang berasal dari healty99.com, bahkan para orang tua jaman dahulu keram memanfaatkan tanaman berkhasiat sebagai salah satu mengatasi masalah kesehatan. Itulah sebabnya setiap rumah pasti menanam yang namanya tumbuh tumbuhan Toga.

Tak hanya dari daun, beberapa bagian dari tumbuhan obat juga bisa dimanfaatkan dan diolah, termasuk dari akar, daun, umbi, batang, hingga bunga. Meski tidak bisa menggantikan obat-obatan medis yang telah teruji klinis, khasiat tanaman obat sayang jika hanya dilewatkan.

  1. Tumbuhan Ketul

Ketul atau ajeran adalah jenis tumbuhan liar berbatang kecil, tegak dengan paling tinggi hanya sekitar 1 m, memiliki bentuk bunga berwarna kuning yang bergerombol pada pucuknya.

Diketahui tumbuhan satu ini bukan berasal dari kawasan Indonesia melainkan dari benua Afrika yang kemudian mulai menyebar ke Nusantara sekitar tahun 1800 an.

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini tumbuh tersebar dimana-mana mulai dari kebun, semak-semak, tepian jalan serta disekitar lingkungan, termasuk dalam tumbuhan tropis sehingga sangat cocok tumbuh pada dataran Indonesia.

Beberapa khasiat yang di yakini dari tumbuhan liar ketul ialah mampu mengatasi sakit gigi, mengatasi sakit kepala, menurunkan kadar gula darah, obat demam serta mampu mengatasi permasalahan kulit seperti bisul dan jerawat.

2.Tanaman Ginseng

Ginseng adalah jenis tanaman obat yang diklaim bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar gula (glukosa) dalam darah, terutama pada penderita masalah diabetes tipe 2.

Selain bisa membantu menurunkan level kadar glukosa (gula) dalam darah, akar ginseng juga diklaim bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh, mengatasi kelelahan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan energi, serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker dan tumor.

  1. Kapulaga
    Hasil yang titunjukan para pakar penelitian bahwa ada banyak senyawa yang bersifat antioksidan pada kapulaga yang diklaim mampu menurunkan masalah tekanan darah atau biasa disebut hipertensi.

Selain itu, adapun kandungan anti peradangan dan antiinflamasi yang terdapat pada kapulaga juga di ketahui bisa menjaga jaringan sel dari kerusakan sekaligus membantu melawan peradangan.

Meski pada dasarnya memlikiki banyak manfaat, namun tanaman obat satu ini masih memerlukan bukti dan tindak penelitian lebih lanjut.

  1. Daun Pepaya

Daun pepaya memang telah banyak di gunakan dalam olahan makanan, lalapan hingga menjadi obat tradisional. Mungkin kamu sendiri ada yang engan memakan daun tanaman satu ini pasalnya memang mempunyai rasa pahit yang sangat kuat.

Namun perlu kamu pertimbangkan bahwa walaupun daun pepaya mempunyai rasa pahit yang luar biasa akan tetapi khasiat yang akan kamu dapatkan sangat banyak. Salah satu contohnya daun pepaya dapat menjadi obat untuk mengatasi demam, masalah cacingan serta malaria.

Tak sampai di situ saja mengkonsumsi daun pepaya secara rutin di ketahui dapat menurunkan kadar gula darah, mengatur tekanan darah, mengatasi masalah pencernaan, masalah peradangan, mencegah penyakit kolesterol hingga mampu menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat terhadap serangan penyakit harian.

Nah itulah beberapa jenis tanaman herbal yang dapat kamu ketahui, sekaligus manfaatnya. Pada dasarnya ada banyak jenis tanaman herbal yang bisa kamu ketahui, sebagian diatas hanyalah contoh dari beberapa.

healty99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *